WeLCoMe To 1'st Dewi's Blog

WelCome...!!! To My 1'st blog!!!


pendidikan

pendidikan
sangat menyedihkan ya... pendidikan di negara kita...so.. jangan pernah menyia-nyiakan pendidikan yang kita dapat, karena masih banyak di luar sana yang kurang mendapat pendidikan yang layak. semoga pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Jumat, 15 Mei 2009

Mencetak Model Bukan Sekedar Modal Tampang

"LPK Silhouette, Batam, mencetak para modeling tidak hanya sekedar tampang, tapi memiliki kompetensi. Tidak sedikit lulusan LPK Silhouette yang sudah bisa langsung bekerja."

Ratih dan Trecy memang belum lulus dari kursus Modelling LPK Silhouette. Tapi keduanya kini sudah bisa mencari uang sendiri. Penghasilannya cukup lumayan untuk membantu kedua orang tuannya yang tidak mampu. Bahkan dari penghasilanya itu, mereka sudah bisa membiayai kursusnya sendiri. Maklum sekalipun belum tamat, Ratih dan Trecy memang sering diajak oleh lembaga tempatnya belajar itu untuk mengikuti event-event sebagai sales promotion dibidang jasa usaha perhotelan. Itulah salah satu keunggulan yang dimiliki LPK Silhouette, Batam. Sekalipun peserta didiknya belum menamatkan pendidikan ketrampilannya, mereka sudah bisa mencari uang.
Biasanya LPK Silhouette mengkaryakan peserta didiknya diberbagai kegiatan event organizer. Para peserta didiknya dilibatkan sebagai modeling atau sales promotion. Untuk itu LPK Silhouette selalu menjalin kerjasama dengan beberapa mitra kerja perusahaan produk maupun jasa untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dari perusahaan itu. Event promosi yang sering dilakukan adalah dibidang produk Sepeda Motor, Mobil, Hand Phone, Busana, Alat rumah tangga, Elektronika, Kosmetika, jasa perbankan, pariwisata (Tour And Travel) dan perhotelan.

Maklum bagi peserta didik yang belum lulusan biasakan juga dididik untuk mengerjakan pekerjaan sekretaris atau asisten event organizer, PiaR dan modeling pada suatu event promosi baik untuk perusahaan yang menghasilkan produk maupun jasa.
Menurut Silvia Hilda Kusumaningtyas,sang pemilik LPK Silhouette, keinginanya mendirikan lembaga kursus dan pelatihan Silhoutte Training Centre ini bermula dari minat dan bakat yang dimilikinya sejak kecil. Selain itu ia juga memiliki niat mendidik dan ingin memajukan serta mengembangkan pendidikan keterampilan serta kemampuan kepribadian di bidang modeling bagi masyarakat khususnya kaum perempuan di kota Batam, Propinsi Kepri. Perempuan kelahiran Semarang, Jawa Tengah yang sudah lama merantau di kota Batam itu juga tidak mau niatnya membuka kursus ini untuk sekedar cobacoba. Karena itu dalam menjalankan lembaga ketrampilanya, Silvia tidak senantiasa serius dan penuh ketekunan. Dengan bermodal itu, Silvia mulai memberanikan diri membuka LPK Silhouette di rumah tempat tinggalnya.

Awal berdirinya pada tahun 2000 Silvia hanya memiliki beberapa orang murid. Namun dengan modal kesabaran dan dengan ketekunan mendidik peserta didiknya lambat laun mulai bertambah. Silvia hanya ingin menanamkan dan membangkitkan peran ganda kaum perempuan khususnya kalangan remaja dan ibu rumah tangga. Bagi Silvia, mereka tidak hanya berbakti pada keluarga dan hanya bisa mengerjakan urusan rumah tangga saja. Tapi sebaliknya mereka juga harus maju. Silvia selalu berusaha mendorong para kaum perempuan agar dapat terus aktif dan ikut serta berperan dalam pembangunan di segala bidang. Sebab menurut Silvia, kehidupan kaum perempuan dijaman sekarang dan akan datang lebih dituntut punya peran yang sama dengan kaum pria. Bahkan perempuan memiliki peran ganda. Untuk itu kata Silvia mereka perlu membekali diri dengan pendidikan dan keterampil sebagai pegangan untuk berkompetensi. Kebanyakan masyarakat yang mengikuti pendidikan di LPK Silhouette adalah masyarakat yang kurang mampu. Terutama adalah anak remaja putri yang masih menganggur dan putus sekolah yang ingin mengembangkan minat bakatnya menjadi model. Biaya selama mengikuti kursus mulanya ditanggung oleh dana yayasan. Selanjutnya dikembalikan setelah mereka bekerja. Bagi masyarakat yang tidak mengikuti program kursus, LPK Silhouette juga membuka kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan keterampilan fungsional praktis di bidang kerajinan tangan yang bahannya diolah dari hasil laut. Sasaran utamanya bagi kaum ibu rumah tangga yang tinggal didaerah pesisir. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat dan sebagai bentuk kepeduliannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tidak sedikit lulusan LPK Silhouette yang telah bekerja. Jeny misalnya begitu lulusan dari LPK Silhouette ia langsung bekerja sebagai Costumer Service pada salah satu perusahaan sellular di Batam. Semula Jeny dikenal sebagai siswi pendiam dan jarang bergaul. Namun setelah mengikuti dan digembleng di LPK Silhouette akhirnya dia sudah terbiasa melayani kostumernya dengan baik. Walaupun telah bekerja Jeny juga masih sering berkoordinasi dengan pengelola lembaga dan kadang masih dilibatkan untuk suatu event acara promosi.

Begitu juga Veby, setelah lulus dari LPK Silhouette pada tahun 2007, ia langsung bekerja di Salon Puspita Martha sebagai public relation. Karena sikap dan kompetensi yang dimilikinya Veby ditawari untuk bekerja di salon yang cukup besar di kota Batam itu. Ia tidak hanya sukses di tempat ia bekerja sebagai karyawan tapi sudah segudang prestasi yang telah diukir di bidang modelling sebagai profesinya
baik ditingkat nasional sampai ke mancanegara seperti ke Malaysia dan Singapore. Bahan pada bulan Septemberlalu Veby mewakili Indonesia pada kontes pemilihan Modelling tingkat Asean dan menjadi juara pertama. Ia mengakui bahwa setelah lulus SMA ia sempat nganggur dan dirumah saja. Tetapi setelah digembleng dalam waktu tidak terlalu lama di lembaga Shiloutte ia bisa cepat bekerja. Dan dengan seringnya dikutsertakan pada event- event promosi dan lomba sekarang semakin meingkat karier dan profesinya di bidang modeling. Kesuksesan sama tidak hanya Veby, para lulusan LPK Silhouette pada awalnya menganggur.

Namun berkat karena hasil gemblengan di LPK Shiloutte begitu lulus mereka menjadi unggul, mudah memperoleh kerjaan atau selalu diikutkan pada event-event modeling karena sudah memiliki ketrampilan dan kompetensi yang dapat dihandalkan.


Sumber: Tim Info Kursus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar