WeLCoMe To 1'st Dewi's Blog

WelCome...!!! To My 1'st blog!!!


pendidikan

pendidikan
sangat menyedihkan ya... pendidikan di negara kita...so.. jangan pernah menyia-nyiakan pendidikan yang kita dapat, karena masih banyak di luar sana yang kurang mendapat pendidikan yang layak. semoga pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Jumat, 15 Mei 2009

Mahasiswa UII Gerakkan Warga dan Pemuda Peduli PAUD

Berdasarkan data UNDP Tahun 2008, selama tahun 2002 sampai dengan 2005, total pengeluaran publik untuk pendidikan (public expenditure on education) di Indonesia baru mencapai 0,9% dari total pendapatan nasional atau 9.0% dari total belanja pemerintah. Rendahnya pembiayaan pendidikan ini berimbas pada minimalnya kontribusi pemerintah dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sehingga tingkat partisipasi kasar Indonesia pada Pendidikan Anak Usia Dini mempunyai ranking yang rendah diantara negara–negara yang berpenghasilan rendah yaitu sebesar 20%. Selain itu, pengeluaran biaya PAUD pada tingkat pendidikan anak usia dini hampir 100% ditanggung oleh swasta dalam hal ini orang tua. Melihat realitas ini, mahasiswa UII yang tergabung dalam Tim PKM berinisiatif melaksanakan program bertajuk ‘Desain Pos Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Partisipasi Warga’ yang dipusatkan di Pedukuhan Cemaraharjo, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Program ini dilaksanakan lima mahasiswa UII dari dua fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Industri (Angga Haripurna dan Fety Ilma Rahmillah) dan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (Fitri Ayu Kusumaningrum, Ilham Akbar, dan Tyas Setyowati). Program yang didanai Dikti ini antara lain bertujuan untuk membangun kesadaran warga akan pentingnya PAUD dengan cara merintis pendirian dan pelatihan PAUD. Tidak hanya itu, program ini juga diarahkan agar menumbuhkan partisipasi orang tua dan pemuda di masyarakat sebagai kader PAUD. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, beberapa tahapan kegiatan telah dilaksanakan diantaranya Training ‘Mengoptimalkan Peran Orang Tua Bagi Anak’ yang dilaksanakan pada Ahad, 15 Maret 2009 lalu di Musholla Padukuhan Cemaraharjo.



Training tahap pertama ini menghadirkan dua pemateri dari El-Diina Center yaitu Marina Noorbayanti, S. Si (Konsultan Pendidikan dan Praktisi PAUD di El-Diina Centre) yang pada Sesi I memberi materi terkait tumbuh kembang anak usia dini dan Diana Rahmawati, S. T. (Manajer dan Praktisi PAUD di El-Diina Centre) yang pada Sesi II memberikan materi terkait simulasi dini sebagai kunci keberhasilan pendidikan anak usia dini. Dalam training ini, peserta yang terdiri dari sejumlah 47 ibu rumah tangga mendapatkan materi training berupa pengetahuan dasar tentang potensi anak, komponen berfikir, cara menstimulus otak dan indra, proses bersikap anak dan lain sebagainya. Selain itu, peserta juga menjawab pertanyaan, berupa pre-test dan post-test, untuk mengetahui efektivitas kegiatan.

Ketua program ini, Angga Haripurna, menjelaskan bahwa pada tahapan selanjutnya, training akan dilaksanakan dengan fokus pemahaman anak dan pengelolaannya bagi pemuda di daerah pedukuhan Cemaraharjo. Training ini akan dibagi menjadi dua materi yaitu untuk mampu memberi pememahaman tentang anak sebagai individu yang unik (individual differences) untuk selanjutnya diarahkan pada organization development yang memungkinkan pemuda mengoptimalkan perannya dalam menyukseskan PAUD di daerah tempat tinggalnya.

Angga juga menjelaskan bahwa Cemaraharjo dipilih antara lain karena potensi sumber daya manusia yang dilihat dari tingginya usia produktif dalam komposisi penduduk desa. Di Desa Cemerahrjo terdapat 347 penduduk berusia 15-60 tahun dengan 190 ibu rumah tangga dan jumlah warga yang masih aktif sekolah 80 orang. Hasil survei yang dilakukan sebelumnya juga menunjukkan terdapatnya 57 balita dengan 49 orang tua dan 7 kader posyandu yang telah mendapat pendidikan di Kelurahan. Selain itu, menurutnya hasil wawancara dengan Ibu Dukuh Desa Cemaraharjo menunjukkan kesediaan dan dukungan warga untuk mengikuti program PAUD, karena ibu-ibu di desa tersebut membutuhkan program semacam ini untuk masa depan anaknya.

SUMBER : http://humas.uii.ac.id/index.php/Mahasiswa-UII-Gerakkan-Warga-dan-Pemuda-Peduli-PAUD.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar